Berbagi Lentera

:: karena Hidup Pasti Butuh Lentera ::

[Blog Review] Anggayasha dot WordPress

with 11 comments

Setelah blogku, berbagilentera.wordpress.com, di-review ama Agan Anggayasha di postingan blognya (anggayasha.wordpress.com) yang berjudul [Blog Review] BerbagiLentera, nah giliran ane yang me-review blognya..

Tapi.. yang namanya review itu bener2 subjektif banget. Tergantung dari siapa yang me-review-nya. Kalo ane pantes gak yah nge-review blog seorang juragan yang uda lama kecebur di dunia per-blog-an? Sementara kalo ane sendiri, baru aja ngutek-utek coba mbikin blog, belum begitu lama..

Jadi yah, namanya review di dalamnya ada penilaian dan masukan dari ane buat blognya si anggayasha. Penilaian dan masukannya bisa menggelitik atau bahkan sampai pedes banget. Gak ngaruh, ane ama Agan Anggayasha itu sohib sejak zaman dulu kala, tetep ane berusaha se-profesional mungkin untuk memberikan review blog anggayasha.wordpress.com.. (profesional jare?)

Oke, saya langsung membagi review saya dari sisi konten beserta kelebihan dan kekurangan, terakhir penilaiannya.

anggayasha.wordpress.com

anggayasha.wordpress.com

  1. DOMAIN dan SLOGAN
  2. Bener-bener keliatan si pemilik blog seorang pecinta anime berat. Penambahan akhiran ‘+yasha’ setelah namanya, udah jadi bukti. Kalo slogannya ‘Become the Wind..’ dan ‘Welcome to the Wind World’ ini ane kagak ngerti filosofinya. Mungkin terinspirasi dari kartun-kartun anime yang ditontonnya atau bisa jadi terinspirasi setelah mengkhatamkan beberapa komik anime.

    Entahlah… kalo ane cermati dan hubungkan dengan isi blognya, sepertinya si agan mengajak hidup seperti angin. Mengalir berhembus tanpa ada aral, intinya jalani hidup ini apa adanya dan hindari memperberat hidupmu dengan pikiran-pikiran burukmu. Apa gitu Gan? (hehe..ngarang yo?).

    (+) Bener2 unik dan mencitrakan hobi serta minat pemilik blog. Terutama yang slogan ‘Bukan Webblog Biasa’, ane suka ama gaya loe Gan.. Pegawai Telkom kalo mbaca slogan ini pasti cengir-cengir sendiri..

    (-) …. (bukannya gak ada Gan, belum ada!!)

  3. LAYOUT
  4. [THEMES]. Nah, ini themes yang apik Gan!! ketimbang yang themes yang awal dulu. Terkesan rapi dan penataannya teratur. Sisi sebelah kiri, para pembaca fokus membaca isi artikel, di sisi kanan ada widget-widget yang memanjakan para pembaca utk berlama-lama di blog agan.

    [PAGE]. Sudah mantaps Gan!!! Udah dimaksimalkan untuk sebuah blog. Ada ‘Aku’ buat njelasin Who Am I, ‘Link Beken’ isinya daftar link-link bagus yang direkomendasikan untuk dikunjungi. ‘Download’ disediain buat yang senengnya ngedownload, agan sudah nyiapin. ‘Peta Situs’ isinya njelasin secara globat artikel-artikel yang pernah dipublish di blog dan konten-konten lain yang sayang kalo dilewatkan. ‘Art Room’, isinya karya-karya agan yang otentik, dulu sampai sekarang. Biutiful fren !! (Sekali-kali narsis gak masalah..)

    [WIDGET]. Udaah luengkap rek. Bagus..bagus. Ada search, rss, kategori, gudang, rookie, 7 Magnificent Click, Opo Jare, dan seterusnya uakeh. Ibaratnya rumah, tuh full aksesoris. Ada kolam renang, kebun, akuarium, TV LCD, Home Theater, dan santapan siap saji di atas meja makan. Komplit dah, mbikin pengunjung blog serasa nyaman di rumah sendiri..

    (+): Istilah serapan dalam penamaan widget patut diacungi jempol. Gak hanya jempol tangan, tapi juga jempol kaki. Ada ‘rookie’, ‘7 Magnificent Click’, ‘Opo Jare’, dst. Yang mbikin ketawa ampek mules tuh ‘Opo Jare’ iku lho… duh..

    (-): Bro, perlu diwaspadai tambah banyak widget tambah berat ngeloadnya. Tapi kayaknya udah gak majalah ya..soalnya agan pernah ngetest sendiri time loadnya, dan hasilnya sangat kuenceng waktu ngeloadnya!! Udah dicoba di browser ‘n OS lain Gan?

    Slain itu, kayaknya buku tamu perlu ditambah. Biar pengunjung blog kalo mo nulis2 testimoni atau apalah yg gak ada hubungannya ama tulisan agan, bisa tertampung di sana..

    Eh hampir aja kelewatan. Widget ‘search’-nya kok dipasang dobel gitu toh ? dibiarin dobel juga gak papa kok. Toh, sesuai slogannya ‘Bukan Webblog Biasa’.. hehehe

    Terkadang penamaan widget dengan istilah-istilah yang tidak umum juga membawa masalah. Pengunjung blog terkadang juga bingung, apa maksudnya ‘rookie’, ‘7 Magnificent Click’, ‘Opo Jare’, dst. Baru dong kalo ngliat isi konten widgetnya..

    Penataan dan pemilihan widget juga perlu diperhatikan. Kalo rata-rata pengunjung yang datang adalah unique visitor, widget-widget yang bersifat general diperbanyak. Bersifat general maksudnya, dibutuhkan semua pengunjung. Baik pengunjung yang baru (unique) atau pengunjung lama. Widget agan yang bersifat general itu, mulai dari ‘rss’ s/d ‘7 Magnificent Click’, lalu loncat widget ‘tag’ dan ’email subscription’. Selain widget-widget itu, pengunjung2 baru nggak merasa butuh.. (tidak ada nilai plus bagi dirinya)

  5. ARTIKEL
  6. [BOBOT]. Dari segi bobot, si agan berusaha menyajikan artikel yang benar-benar berkualitas, gak asal nulis, pilah-pilih artikel, dan materi yang hendak dibahas haruslah yang unik. Kalo gak unik, ngapain juga diposting, toh silahkan dibaca di blog-blog lain..

    [GAYA PENULISAN]. Si agan seperti biasa gak mau njlimet-njlimet ketika mengutarakan isi hatinya dalam sebuah tulisan. Yang penting pokok pikiran tulisan tersampaikan, gak usahlah pake bahasa yang tinggi-tinggi. Di dalamnya juga disisipi guyonan ringan, slengekan-slengekan, idiom, gaya khas kaskuser, dan ungkapan-ungkapan gaul. Pembaca dijaga supaya gak bete or males baca sampai akhir tulisan.. Double sip wes..!!!

    (+): Keep posting Gan.. pertahankan kualitas tulisan !!! Dan yg paling ane ama anak2 lainnya demen, yang perlu agan jaga juga, yaitu avatar dan gambar-gambar mbanyolan !! tambah mempermanis tulisannya..

    (-): seperti keinginan agan sendiri biar nambah pahala akhirat, saran ane musti diselipi juga di artikel-artikel agan, ajaran-ajaran Islam. Pembaca datang ke blog agan, selain dapat hiburan dengan baca-baca tulisan agan yg fresh, ntar mereka juga dapat tambahan tausiyah tentang agama Islam dari agan.. moga2 jadi amalan jariyah ente..

    trus, kalo postingan panjaaaaaangggg… mending di-more aja Gan. Biar rapi gitu loh. Lah gimana lagi, toh sekali-kali di-more tulisannya, kagak majalah kan? toh gak semua tulisan agan ada more-nya. Ini saran ane aja sih..

Sementara itu dulu aja Gan, review ane. Simple aja, gak usah banyak-banyak. Sedikit tapi berusaha nyinggung semua sisinya.

Penilaian:

Sekarang, penilaian akhir ane tentang blog agan. Dari pertimbangan yang ane tulis di atas, beserta positif ama negatifnya, maka ane ngasih penilaian seperti prchecker ngenilai..

anggayasha dot wordpress - reviewku

thumbs_up

BLOG YANG WAJIB

DIKUNJUNGI !!!!

Selesai..

Ditulis di rumah, habis hujan, sekarang laparr..
Indra Arta K.

Written by berbagilentera

February 4, 2010 at 8:03 am

Posted in Berbagi Profil

Tagged with , ,

11 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Cadas, gan reviewnya.
    Top markotop!
    Segera dilaksanakan.
    Mengenai slogan blog, kayaknya perlu ane jelasin sendiri entar di halaman About me sekalian mo ganti isi About me.🙂

    Thanks a bunch, bro.

    anggayasha

    February 4, 2010 at 10:06 am

  2. wew… blog ana kpan di-review???? jangan ah.. jarang diisi soalny.. he2x..

    Anggayasha menghilang dari plurk trnyata msh blogging jg ya??

    galuhsurya

    February 9, 2010 at 4:21 am

    • dia emang punya slogan kayak gitu skrg…
      ” Facebook ‘n Plurk NO, blogging tetep YES ”

      kita tunggu kembalinya si Anggayasha..🙂

      berbagilentera

      February 10, 2010 at 10:24 am

  3. Jiiaaaahhh…! apa yang ditunggu, gan? :p fb bener2 consume my time, bro. Dan manfaatnya juga gak terlalu ada buat saya. Jadi sekarang paling ya blogwalking aja yg paling sering. Dan saya jadi menyadari bahwa internet itu bukan hanya fb dan plurk/twitter doang.🙂

    anggayasha

    February 11, 2010 at 12:00 pm

    • kalo ane sih semuanya buang2 waktu Gan, kecuali kita2nya sendiri gimana manfaatin semua fasilitas media sosial itu utk keperluan kita dan sesama..

      skrg ane usahain, kalo buka FB lgsg mbuka account ane pribadi, jgn smp buka Home-nya; ntar baca statusnya anak2.. wah pikiran jadi kacau, konsentrasi jadi buyar, maunya kita ngenet mau urusan A eh..tau2nya belok jadi B

      FB bagi ane juga lebih update infonya.. ada info lowongan, bisnis, fatwa, dll. Jadi mumpung lagi booming FB dan semua org lagi tertuju ke sana, yah kita manfaatin aja FBnya..

      berbagilentera

      February 15, 2010 at 2:31 am

      • betul juga pendapat ente, bung. Pintar-pintar kita aja bagaimana memanfaatkan media yang telah disediakan. Ini lagi mengkonfigurasikan blog dengan FB. Insya Alloh gak akan dolan ke page nya temen-temen biar bisa fokus. dan gak buang-buang waktu.😀

        anggayasha

        February 18, 2010 at 1:00 am

      • Kalo udah berhasil mengkonfigurasikan blog dg FB, laporan Gan.
        Biar bisa ane tiru..

        berbagilentera

        February 19, 2010 at 2:24 am

  4. udah, gan. visit my FB profilo.
    yukk…😀

    anggayasha

    February 19, 2010 at 3:39 pm

  5. kren gan reviewnya. . .^_^
    informatif dan unik.

    henkosuru

    October 28, 2011 at 7:57 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: