Berbagi Lentera

:: karena Hidup Pasti Butuh Lentera ::

Hindari Kebotakan dengan Air Hangat

with 3 comments

Kebotakan dapat menyerang siapa saja, termasuk mereka yang sudah memasuki masa evergreen. Dampak bagi kesehatan barangkali tak ada. Tapi, masalah yang terjadi pada kepala itu bisa menurunkan kadar percaya diri.

Ada beberapa cara praktis untuk mengurangi kerusakan rambut yang berimbas pada kebotakan. Tip berikut begitu sederhana dan mudah juga dilakukan oleh orang-orang yang tidak suka pergi ke salon untuk merawat rambut.

Yang dibutuhkan hanya hair tonic dan handuk hangat. Diungkapkan oleh tim Puri Ayu Martha Tilaar Royal Plaza, ada banyak faktor penyebab kerusakan rambut yang mengakibatkan kebotakan. Biasanya faktor hormonal. Penurunan fungsi organ memicu sel rambut tidak bekerja secara normal. Akhirnya, pertumbuhan rambut terhambat, Meski demikian, faktor lain, yakni pengaruh lingkungan, seperti polusi, sinar ultraviolet, dan radikal bebas, juga dapat memengaruhi kesehatan rambut. Faktor itu tidak dapat dihindari karena masuk ke sel rambut secara alami. Tapi, efeknya bisa dikurangi dengan keramas secara bersih dan teratur agar protein rambut kembali normal.

Selain itu, ada faktor mekanik dan kimia, Lebih lanjut mereka mengungkapkan, faktor mekanik berlangsung ketika kutikula mengelupas karena menyisir dan menata rambut.

Sedangkan faktor kimia meliputi kerusakan karena pewarnaan, pengeritingan dan pemucatan atau bleaching. Menyisir saat rambut basah dan menjepit/mengikatnya terlalu kuat bisa juga mengakibatkan kerusakan. Kebotakan dapat dicegah dengan menghindarkan rambut dari kerusakan akibat kegiatan tersebut.

Usaha mengurangi dan mencegah kebotakan lebih lanjut yang bisa ditempuh di rumah adalah memberikan hair tonic. Urutannya, mencuci rambut hingga bersih. Saat rambut masih basah, cairan tonic dibasuhkan pada kulit kepala dan dipijat secara rata. Namun, pijatan jangan keras-keras karena akan merangsang kerontokan.

Setelah tonic tersebar, rambut ditutup dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat, Penutupan berlangsung kurang lebih 15 menit. Penggunaan handuk hangat berfungsi membuka pori-pori agar kotoran yang menghalangi pertumbuhan rambut keluar. Sehingga, tonic untuk menyuburkan rambut masuk ke sel kulit.

Proses itu dinamakan sebagai steam sederhana. Jika rutin dilakukan setiap hari hasilnya tidak kalah dengan steam di salon. Rambut sedikit-sedikit akan tumbuh, meski tidak selebat ketika masih muda.

Disalin dari Evergreen-Jawa Pos, Jumat 14 Nopember 2008

Written by berbagilentera

November 16, 2008 at 12:10 am

Posted in Berbagi Tips

Tagged with , , , , ,

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Terima kasih untuk artike yang sangat bermanfaat. Memang kebotakan terlihat tidak nyaman secara estetika dan untuk kesehatan kulit kepala. Terima kasih tips untuk menghindari kebotakan dini pada kepala.

  2. yg penting taqwa..

    akhi

    January 22, 2012 at 6:20 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: