Berbagi Lentera

:: karena Hidup Pasti Butuh Lentera ::

Akhlak terhadap Hewan Anda

leave a comment »

Di sekitar kita banyak hewan berkeliaran, entah itu kucing dengan tikusnya, burung, ikan, dan sebagainya yang kita kudu berakhlak dengan mereka. Bagaimana sih sebenarnya akhlak kita kepada hewan?

Begini, orang muslim menganggap semua hewan adalah makhluk Alloh yang harus dihormati. Selayaknya kita memberinya makan dan minum ketika mereka lapar dan haus. Kemudian kita menyayangi dan berbelas kasih kepadanya. Rosululloh telah mengajarkan bahwa siapa yang tidak menyayangi, maka tidak akan disayangi (Muttafaq Alaih).

Alloh dan RosulNya sangat marah melihat tingkah laku seseorang yang menjadikan burung sebagai sasaran (Hadits Abu Daud,shohih) dan menyakiti induk binatang dengan menahan anaknya (Hadist Muslim). Karena mungkin diantara kita ada yang membuat induk tersebut bersedih, kesana kemari mencari anaknya yang sengaja kita tahan, sementara kita sok cuek dengan kesedihan induk tersebut. Semoga kita bukan termasuk orang yang tak berperasaan itu.

Saudaraku, ketika tiba waktu acara penyembelihan, biasanya orang-orang banyak lho yang melupakan adab ketika menyembelih. Alloh dan RosulNya menyuruh kita membunuh dan menyembelih dengan cara yang baik, bukan cara ngawur, yang penting mati. Jangan lupa, hewan-hewan yang hendak disembelih ditenangkan dulu dan tajamkan pisaunya (Hadits Muslim), biar sekali tebas langsung mati.

Tolong kasihani hewan-hewan Anda. Jangan melaparkannya dan memberinya muatan yang tak mampu dia angkut. Anda ingat, ada wanita yang masuk neraka karena kucing? Ia telah menahannya hingga mati. Akibatnya neraka tempatnya, karena kucing tersebut tertahan tanpa diberi makan dan tidak bisa makan serangga-serangga tanah (Hadits Bukhori). Iseng-iseng membakar sarang semut, karena para semut itu nakal, menggigit kaki kita, itu juga tidak boleh Saudara (Hadits Daud,shohih).

Tapi Islam itu adil. Benar-benar adil. Boleh membunuh hewan yang membahayakan, seperti anjing penggigit, serigala, ular, kalajengking, tikus, burung gagak, dll (Hadits Muslim). Atau dibolehkan memberi cap pada telinga hewan untuk kemaslahatan seperti untuk zakat, selain untuk unta, kambing, dan lembu maka tidak boleh. Hewan yang dimaksud tidak boleh dicap telinganya seperti keledai (Hadits Muslim).

Terakhir, jika hewan tersebut termasuk hewan yang harus dizakati, maka jangan lupakan hak Alloh, yakni mengeluarkan zakat hewan tersebut. Dan janganlah harta-harta kalian dan anak-anak kalian melalaikan dari mengingat Alloh (Al-Munafiqun:9). Maka janganlah gara-gara hewan-hewan peliharaan kita, membuat kita lupa taat dan berdizikir kepadaNya.

Nasihat Rosululloh untuk Anda, para pecinta hewan, khususnya kuda : “Kuda terbagi ke dalam tiga jenis, seseorang mendapatkan pahala (karenanya), seseorang mendapat pakaian (karenanya), dan seseorang mendapat dosa (karenanya). Adapun orang yang mendapat pahala karena kuda ialah orang yang mengikatnya di jalan Allah, dan memperpanjang talinya di tanah lapang, atau padang rumput. Maka apa saja yang terjadi pada kuda tersebut di tanah lapang atau padang rumput, maka orang tersebut mendapat kebaikan-kebaikan. Jika orang tersebut memutus talinya, kemudian kuda tersebut berjalan cepat satu langkah, atau dua langkah, maka jejak-jejaknya, kotoran-kotorannya adalah kebaikan-kebaikan baginya, serta kuda tersebut bagi orang tersebut adalah pahala. Orang satunya mengikatnya karena ingin memperkaya diri, namun ia tidak lupa hak Allah di leher, dan tulang punggung kudanya, maka kuda tersebut pakaian untuknya. Sedang orang satunya mengikatnya untuk sombong, riya’, dan permusuhan, maka kuda tersebut adalah dosa baginya.” (Hadits Bukhari).

Maka tidak rugi kita sebagai orang islam yang bersyariat Islam, syariat penuh rahmat dan kebaikan universal bagi seluruh makhluk manusia atau hewan.

Disarikan dari : ketikan ulang oleh Cyber Muslim Salafi dari kitab Ensiklopedi Muslim (terjemahan dari: Minhajul Muslim), Syaikh Abu Bakr Jabir Al Jazari. Penerbit: Darul Falah, Jakarta. Cet. Pertama: Rajab 1421 H / Oktober 2000, hal.172-175

Written by berbagilentera

November 14, 2008 at 12:02 am

Posted in Berbagi Nasihat

Tagged with , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: