Berbagi Lentera

:: karena Hidup Pasti Butuh Lentera ::

Merancang Masa Depan

leave a comment »

Di dunia saja orang yang berbuat jahat dipenjarakan dalam rumah tahanan. Mereka di dalamnya menangis. Bagaimana pula kondisi orang jahat di dalam neraka ? Kita tidak akan pernah mau menemani orang jahat di dalam rumah tahanan, apalagi di neraka. Maka semuanya berpulang kepada kemandirian dan tanggung jawab pribadi.

Menggapai masa depan yang sukses dan bahagia
Kemenangan bukanlah sesuatu yang tiba-tiba, melainkan sebuah pencapaian yang perlu PERENCANAAN yang matang, NIAT yang kuat, TEKAD yang membara. Perencanaan yang matang sangat dipengaruhi oleh sejauh mana ketersediaan informasi dalam memprediksi ke depan, sedangkan masa depan tanpa perencanaan dan ridha Alloh adalah sesuatu yang mustahil untuk sukses. Untuk itu kita perlu mengkaji bagaimana kita harus memenajemeni diri kita agar mendapatkan suskes tersebut.

Pentingnya menentukan visi & misi
Jika kita tidak mengetahui apa sebenarnya yang akan kita lakukan, cepat atau lambat kita akan mengetahuinya juga. Tapi pada saat itu pula kita akan menyadari waktu yang tersisa sudah tidak cukup lagi untuk mencapai arah dan tujuan hidup seperti yang diinginkan. Disitulah kita akan menemukan betapa pentingnya menentukan visi & misi dalam hidup kita. “Hai orang-orang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akherat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Hasyr: 18).

Pentingnya menentukan sasaran

  • Sasaran memberikan arah
  • Sasaran memfokuskan usaha kita
  • Sasaran yang jelas mengurangi resiko ketidak pastian
  • Sasaran menjadi pedoman rencana dan proses pengambilan keputusan operasional
  • Memusatkan perhatian pada sasaran
  • Menjadi dasar bagi fungsi-fungsi manajemen yang lain
  • Sasaran berfungsi untuk mengevaluasi kegiatan

Motivasi dari Quran dan AsSunnah
Allah memberikan permisalan dengan pohon yang kokoh. Akarnya menghujam kuat ke tanah dan batangnya menjulang tinggi ke langit (QS 14:24).
Siapa saja yang menghilangkan kesusahan seorang mu’min dari beberapa kesusahan dunia, maka Allah hilangkan kesusahannya dari beberapa kesusahan pada Hari Kiamat. Siapa saja yang memudahkan kesulitan, akan Allah mudahkan ia di dunia dan akherat. Siapa saja yang menutupi aib seorang mu’min, akan Allah tutupi ia di dunia dan akherat. Dan Allah menolong hamba-Nya selama hambanya itu menolong saudaranya (HR. Muslim).
Seseorang akan memperoleh hasil kerja yang dilakukan sesuai dengan apa yang diniatkannya. Dan niat orang mukmin lebih baik dari amalannya (HR. Muslim).

Dinarasikan dari Slide Merancang Masa Depan, Sumedi Abdul Latif

Written by berbagilentera

October 14, 2008 at 9:11 am

Posted in Berbagi Motivasi

Tagged with , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: